Keanehan Karya Budi Darma

Written By Unknown on Senin, 25 November 2013 | 00.44


Sekarang saya ingin membicarakan Budi Darma, tapi masih bingung, dari manakah saya memulainya. Mencari star yang baik, akhirnya saya mulai saja dari mana saya ingat. Waktu itu, saya senang sekali membeli buku-buku sastra dan majalah-majalah yang berkaitan dengan sastra. Dari kota saya Ciamis, saya sering ke Kota Tasikmalaya sebab di kota ini, banyak menyedian buku-buku murah pinggiran jalan. Saya suka membelu majalah sastra, waktu itu Horizon. Lupa lagi, apakah waktu itu saya rakus membaca majalah sastra dengan ambisi ingin menjadi sastrawan, atau otomatis saja saya suka, saya lupa lagi.Yang jelas, saya suka membaca majalah sastra karena senang senang menulis.

Tidak sabar, saya baca majalah itu di perjalanan, dengan mengandalkan cahaya dalam mobil seandanya. Dan saya menemukan Budi Darma dengan salah satu cerpen terbaiknya, Gauhati. Cerpen itu disebut-sebut sebagai cerpen terbaik, dan mendapatkan penghargaan. Saya jadi penasaran, dan membacanya. Aneh sekali, cerpennya seperti asal-asalan, dengan nama tokoh asal-asalan, dengan ide cerita asal-asalan. Namun entah mengapa, ketika saya membacanya, satu kali memulai, tidak bisa lepas pagi, saya seperti tersedot arus besar, hanyut, mengalir dan susah berhenti.

Mengapa bisa begitu?
Sampai sekarang, saya belum menemukan jawaban. Setelah Gauhati, saya juga menemukan cerpen Budi Darma yang lain, yaitu Derabat. Sama, cerpennya yang ini pun, meraih predikat cerpen terbaik Kompas. Lagi-lagi cerpennya yang ini pun menarik rasa, larut saat membacanya. Bukan hanya saya, istri saya, yang kurang suka membaca, untuk cerpen ini dia sempatkan membaca. Luar biasa kesannya, dia bisa menceritakannya kembali sambil dia sertakan perasaan-perasaan tentangnya.

Dan sekarang, cerpennya yang saya temukan adalah "Laki-Laki Pemanggul Goni". Sama, yang ini pun meraih penghargaan Cerpen Terbaik Kompas tahun 2012. Tak perlu panjang lebar saya terangkan, baca saja sendiri: Laki-Laki Pemanggul Goni

Ditulis Oleh : Unknown ~Penulis Bajingan

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Keanehan Karya Budi Darma yang ditulis oleh Penulis Bajingan yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 00.44

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Koleksi Aing