Tips Membuat Tulisan Yang Enak Dibaca

Written By Unknown on Kamis, 07 November 2013 | 14.35


Buat judul yang keren. 
Judul itu pintu, setelah orang tertarik mendekati pintu, minimal dia akan melihat ke dalam, dan jika tertarik, kemungkinan besar dia masuk. Begitulah analoginya orang yang melihat tulisan kita, setelah tertarik dengan judul, maka selanjutnya dia akan tertarik membaca isinya. Saya suka mengistilahkan judul menarik dengan judul yang menggoda nafsu, bahkan saking pentingnya judul menarik, saya suka keras. Yang penting menarik, sekalipun tidak sesuai dengan isi tulisan. Dan saya membuat beberapa tulisan semacam itu, yang judul dan isinya tidak berkaitan. Tapi ini sekedar canda, sebab sebenarnya, jika pembaca mau mengamati, judul yang saya tulis dengan isinya ada keterkaitan.

Gunakan bahasa yang mudah

Para rasul di utus ke tengah ummat manusia dengan bahasa kaumnya. Dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh mereka, para rasul berhasil menyapaikan pesannya. Sama halnya dengan seorang penulis, keras mencari-cari bahasa ilmiah tanpa meraba pemahaman pembaca, hanya akan membuat tulisannya terkesan rumit. Sederhana saja, yang penting mudah dipahami. Tentu saja bukan berarti tidak berusaha membuat tulisan itu menarik.

Rasakan seakan Anda sedang berbicara
Saat menulis, baiknya merasa seolah sedang berbicara dengan seseorang. Lebih bagusnya orang itu adalah orang yang Anda sayangi. Biasanya kepada dia, kita ingin menyampaikan banyak hal, dan ingin menyampaikan dengan sebaik-baiknya. Kita akan berusaha mengucap sebaik dan semenarik mungkin. Untuk tulisan awal--sebelum editing--langsung saja tuliskan namanya. Nanti pada tahap editing, baru nama itu dihilangkan. 
Lengkapi dengan gambar.
Saya lupa siapa namanya, Lao Tse atau siapa, filosof dari cina yang mengatakan, satu gambar itu sama dengan seribu kata-kata. Gambar mampu menjelaskan lebih cepat dari hanya sekedar kata-kata. Maka sebaiknya bubuhkan gambar pada tulisan kita. Disamping mendukung penjelasan, juga tulisan menjadi tampak lebih menarik dan tidak membosankan.

Pastikan informasi yang Anda tulis bermanfaat
Kandungan manfaat sebuah tulisan juga menunjang enak tidaknya tulisan itu untuk dibaca. Setelah pembaca tahu tulisan yang dia baca bermanfaat, maka sepanjang membaca, dia akan merasakan penasaran ingin membacanya sampai tuntas, dan rasa penasaran itulah yang biasanya melancarkan seorang pembaca mengikuti tulisan dari baris ke baris.

Ditulis Oleh : Unknown ~Penulis Bajingan

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Membuat Tulisan Yang Enak Dibaca yang ditulis oleh Penulis Bajingan yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 14.35

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Koleksi Aing